Menjadi Pengusaha Muda Bisa kah?

Enak yah yang udah jadi pengusaha muda, kerjaannya semaunya, gak ada yang ngatur, kerjaan bebas, duit ngalir sendiri.Memang waktu bebas karena itu adalah usaha sendiri dan tidak ada lagi yang mengawasi, antara lagi kerja atau tidak, mau tiduran atau tidak itu bebas.

Pernah dengar perkataan itu, yah sebenernya kata – kata itu pernah aku ungkapkan juga kepada orang lain, baik itu sengaja atau tidak. Tapi dalam ingatan samar yang masih dicoba ditujukan kepada siapa.
Namun dalam hati ini berkata, yakin pernah mengatakan hal serupa. Nah ketika saat ini dalam posisi dimana kata itu ditujukan untuk diriku sendiri dan orang lain yang mengatakannya kepadaku, aku berusaha untuk tersenyum tipis karena aku memang merasakan hal tersebut.

Menjadi bos bisnis usaha sendiri, biarpun masih Nampak kecil, karena memang terlihat disebuah toko bin outlet yang sederhana dan ukuran yang standar kecil. Mungkin itu sudah cukup menggambarkan betapa kecilnya usahaku kala itu. Tapi ternyata sekecil apapun usaha kita akan dipandang berbeda beda dimata orang lain.

Ada yang beranggapan seperti kata – kata di atas bahwa mereka dalam golongan yang menghargai perasaan orang lain. Ada lagi yang merasa mungkin mereka iri dalam arti yang simple, entah bagaimana mengartikan kata ini.

Bisnis dan dagang itu katanya sih berbeda, tapi kalau umumnya orang yang mendapatkan uang selain dari bekerja kepada orang lain itu dinamakan bisnis, mungkin lebih kepemikiran sendiri kali yah.
Tapi sudahlah saat ini aku sudah masuk ke zona yang diinginkan apapun anggapan  orang lain, kehawatiran orang lain dan juga diri sendiri saat ini adalah bergantung pada diriku sendiri, apakah ini jalan yang sudah dipilih dengan benar atau tidak, sukses atau tidaknya dibidang inipun itu bergantung pada diri sendiri (usaha ikhtiar dan do’a).

“Allah tidak akan mengubah suatu kaum, kalau bukan kaum itu sendiri yang mau berubah,”
Kalimat yang sudah dijelaskan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Itu makanya banyak manusia memiliki tekad yang kuat agar bisa mengubah nasibnya sendiri. Yah begitupun diriku yang akan berusaha merubah nasib keturunan yang berangkat dari keluarga yang biasa. 

Namun itu bukan alasan untuk tidak bisa, walau harus dimulai dari nol sekalipun tanpa memiliki keahlian apapun, diyakini aja dan dijalani dengan sungguh-sungguh berharap nanti akan menemukan keberkahan dalam hidup, sukur-sukur bisa membahagiakan orang tua dan juga orang lain.
Sederhananya, sebaik – baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Yah mungkin itu salah satu cita – cita manusia didunia, begitupun aku.

Jadi punya usaha sendiri itu memang menyenangkan awalnya, tapi mulai membosankan, mengeluh, dan mulai frustasi, itu akan muncil ketika tidak ada pemasukan sama sekali dalam beberapa hari, yang ada hanya pengeluaran dan pengeluaran saja.

Bisa dibayangkan yang biasanya mengandalkan gaji bulanan tiba-tiba dihadapkan dengan tidak punya uang sepeserpun dan untuk pinjam ke temanpun malu.

Kenapa pinjam malu?
Karena orang lain hanya melihat enaknya saja dari luar. Yah emang enak sih dari dalam juga #eh . hidup itu memang asyik. Bila dibuat asik udah itu aja, mengenai menjadi pengusaha saya yakin kalau semua diawal tidak mudah untuk berjalan hingga akhirnya bisa sukses dengan beberapa kategori umumnya.

Kalau usaha pasti gak kenal lelah karena usaha adalah proses, dan proses situ gak sebentar walaupun sudah sampai di puncaknya yang namanya usaha buat saya tidak aka nada kata henti, karena aka nada fase dimana usaha yang sudah sampai target akan menemukan keinginan untuk usaha di level nya.
Jadi memang menjadi pengusaha itu enak diwaktu, banyak waktu luang untuk pusing, banyak waktu luang untuk bermain, banyak waktu luang untuk ibadah, dan masih banyak waktu luang yang selalu harus diisi. Dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Dan yang terpenting adalah ibadah yang tidak pernah putus dan lelah insyaAllah apapun yang kita dapat akan berkah. Contohnya teman saya yang sudah menjadi direktur utama, padahal ia hanya lulusan S1 saja, tapi kerena tekat dan kerja kerasnya juga ibadah yang dia jalani dengan tekun semua berbuah hasil yang di impikan sekarang sudah terwujud. dia membuka sebuah PT Rubic Kirana Solusindo. Agaknya sebagai temanpun masih gak percaya kalau dia bisa mendirikan sebuah perusahaan sendiri.
PT Rubic Kirana Solusindo
PT Rubic Kirana Solusindo

Tapi itulah kenyataan dimana sebuah kerja keras pasti akan menghasilkan, dan yang menarik adalah orang yang sudah sukses selalu memiliki pemikiran yang hampir semua sama, yaitu selalu berusaha membantu orang lain, tidak pernah pelit dengan ilmu yang sudah dia miliki dan tidak melupakan kewajiban untuk menyisihkan hasil yang ia dapatkan karena itu ada hak orang lain.

Yah menjadi pengusaha memang enak, karena bisa menjadi ladang amal dengan mudahnya bisa membantu orang banyak salah satunya, yang menjadi acuanku untuk menjadi orang sukses.

Jika sobat ingin membuat website yang profesional, Aplikasi untuk perkantoran dan lain lain. kontak saja ke saya atau langsung ke alamatnya di web.

Yang asik adalah kita masih bisa berkumpul bareng kaya dulu kala masih duduk sama sama di bangku kuliah, masih bisa kopdaran, walau status sosialnya sudah lebih tinggi dari kita kita, yah sebagi teman tentu saja mendo'akan usahanya selalu maju dan lebih sukses selalu. Semangatnya itu yang patut dicontoh buat semua orang. 





Comments