Rumah Sakit Tidak Mau Menerima Penderita Corona Benarkah? Wellcome to Indonesia !?!

Rumah sakit is bisnis bukan lagi kemanusiaan yang diutamakan benarkah pernyataan seperti itu. Terlepas dari itu penyakit corona yang awalnya kita tau diawali dari kota wuhan china. Tapi ternyata mulai menyebar kenegara - negara besar lainnya yang juga sudah mulai serius karena banyak korban yang sudah terdata.

Seperti italia, yang saya pikir jauh dari cina nyatanya malah lebih dulu sudah tercatat lebih banyak dari warga indonesia yang sudah diberitakan juga terkena penyakit covid19 alias corona. Terbesit saya kok mikir yah itu penyakit corona siapa sih yang membuat nama awalnya, dan kenapa kok si virus yang lagi viral saat ini sejak awal taun 2020 dimana baru saja uforia.

Pertanyaan nya adalah siapa sih yang pertama kali membuat nama Virus Corono bukan penyakitnya yah.

Penyakita corona sudah diartikan dalam wikipedia yakni Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia. Anda dapat melindungi diri Anda dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah Anda.

CARA PENYEBARAN
Penyebaran utama coronavirus baru ini adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat mereka batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau cairan hidung.

Yang menarik lagi ketika saya mendengar podcast om dedy, menariknya saya baru tau setelah menonton di youtube kalau bapak Achmad Yurianto adalah seorang Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI. dan jelasnya saya lihat dikolom komentarnya. Saya sangat apresiasi sekali kepada om ded yang mampu mengundang orang-orang hebat yang biasanya hanya didengar suaranya lalu hilang begitu saja, atau melihat ditivi lalu lupa.

link :  https://youtu.be/yX1rIKgdnNk

Kembali ke kasus Corona ini memang kasus baru dengan intensitas virus yang memang sangat serius karena dapat menimbulkan kematian dengan cepat dari penyakit lainnya. Ibarat virus komputer virus corona ini memang bisa digambarkan seperti itu, karena sistemnya virus itu akan menular ketika ada kontak fisik kalau dikomputer adanya interaksi dengan hardware lain seperti flasdisk atau lainnya apalagi kalau koneksi internet itu lebih bahaya lagi.

Oleh karena itu virus ini juga begitu adanya isolasi sedemikian mungkin pasien  harus diamankan agar tidak menular, tapi saat ini masalahnya adalah pasien yang terkena virus malah minim penangan, bagaimanakah nantinya masyarakat akan merasa aman apalagi ditambah lagi banyaknya berita yang simpang siur butuh kepastian.

Balik lagi bagi kita sendiri untuk di tekankan kembali bahwa sehat itu mahal, dan memang hal itu sudah mulai dilupakan mungkin sekarang banyak yang dipaksa untuk memulai hidup sehat lagi, mulai dari asupan makanan yang lebih banyak campuran rempah rempah bukan langsung dari fash food. Dan juga mulai untuk memulai rutin berolahraga karena sistem kekebalan tubuh dan imun tubuh yang baik akan bisa menjadi pawang terbaik melawan virus corona.

jadi jangan panik mulailah dari diri sendiri mencegah virus atau penyakit apapun itu, semoga kita selalu dilindungi oleh Allah subhanahuwata'ala. Jangan selalu mengandalkan dokter karena dokter juga manusia, utamakanlah Tuhan barulah ikhtiar. Wallahualam bissowab.



#opinimasjay





Comments